Kilik Ringan Supra X 125

Bagi pecinta kebut-kebutan di jalan, mungkin tau bahwa tidak mudah bagi supra X 125 untuk mengalahkan shogun 125 di top speed. Koq bisa…??? Ya bisalah…dari sisi power, shogun jelas lebih unggul  dengan 9.5hp (bahkan kalo melihat site resmi Suzuki terbaru Shogun 125 mampu menyentuh angka 10.0hp-gatau ini bener nggak), sedangkan supra x 125 hanya mampu menghembuskan 9.3hp. Diperparah lagi persneling 4 Supra X 125 memiliki rasio yang berat. Memang tujuan awalnya dibuat irit, jadi memang tidak terlalu diproyeksikan ke putaran atas. Tapi apakah semua itu membuat Supra X 125 kalah segala galanya? Belum tentu. Ada sedikit kunci di permainan Spuyer, CDI non limiter, & gigi sprocket belakang.

Mesin, sebenarnya sudah lumayan bertenaga. Tetapi ada baiknya untuk pencapaian top speed lebih bagus maka sesuaikan ukuran main jet & pilot jet. Saya pernah eksperimen dibantu mekanik ahass, bahwa main jet perlu naik 1 step, demikian pula pilot jet, serta penghalusan intake manifold & exhaust manifold. Konsekuensi emang BBM sedikit lebih boros. Tapi tak apalah…beda sesendok teh doang juga nggak terlalu terasa. (niru iklan Yamaha) :P

Langkah berikut biar api lebih sempurna membakar campuran, gunakan CDI non limiter, misal ex BRT. Kelebihan produk CDI ini bisa memiliki kurva pengapian yang berbeda untuk putaran rendah dan tinggi, gampang diperoleh dipasaran sesuai spesifikasi motornya & tidak mensyaratkan penggantian2 bagian lain di motor. reputasinya di dunia balap juga telah diakui dengan produk2 lainnya macam kanvas kopling, pegas kopling, piston, brake pad, dll.

Terakhir penyesuaian rasio gigi sprocket. Sebaiknya gunakan sprocket belakang 37-38 mata, karena putaran roda belakang terlalu berat di gigi 4 dengan jumlah mata standar 35. Memang agak jarang parts yang menyediakan sprocket belakang Supra X 125 sebanyak 37/38 mata, dikarenakan ukurannya lebih tipis (420). Saya sempat keliling kota Solo ditempat jual asesoris, & baru menemukan merk Nagata (tersedia 33-38mata). Solusi lain adalah pakai sprocket GL Max (428) yang dibubut bagian tengahnya. Ini berarti ganti sekalian sprocket depan dengan milik astrea grand (428) yang 14 mata (kalo gak salah) :D. Jangan lupa rantainya (pakai milik Honda win, potong 2 mata). Konsekuensi penggantian ini adalah spidometer jadi ngaco, tapi tak apalah, yang penting bisa nyalip shogun 125 & akselerasi gak kalah dengan Jupiter z edisi pertama.

Ingat, tips ini lebih mudah dilakukan di Supra X 125 karburator.

About these ads
  1. bahan bakare pertamax sisan

  2. salam brt gan, langusng kebut

  3. mboten iso ngebut, wingi 2 hari internete mati

  4. pernah baca di emplus, anyar2e metu supraX125 kalo ga salah kan muncul part PNP dari BRT nambah cetiaw doang, cdi, kenalpot, dan seting ulang mesin,, powernya naik berapa dk gitu..

  5. kalo dk naik, top speed blom tentu naik…tapi aerodinamika naik, top speed lebih tinggi gampang diraih. saya waktu itu cuma habis 750ribuan buat kilik ringan :D

  6. supri emang bandel

    • Pedro
    • Oktober 28th, 2010

    Wis ganti semua,, boring kerok 100 seher gt( kawasaki),,gear dpn 14 blkg 38, BRT, Spuyer, kopling alhasil gigi 3 tembus 120km/jam gigi 4 140km.. sajae emang ngaco spedo metere… mumet, tp memang wes sewes bablas mlayu ne, tiger pun dikejar…

      • Abon “Propus” Sapi
      • Oktober 29th, 2010

      14:38 kl dapet 140 realnya sekitar 125kph bro. cm akselerasi jarak pendek klh sama rasio standar, nafase klh panjang

    • die_must
    • Desember 13th, 2010

    nimbrung gan…Ane make HSX jugak, pilot jet make 42,main jet std BBM make Pertamax Plus…ngacir gan…ada ide untuk ngalahin Jupie 135cc?

      • propus
      • September 30th, 2011

      susah gan, torsi MX menang jauh kemana-mana, kecuali startnya dari kecepatan menengah mungkin masih lebih masuk akal

      • jodog
      • Oktober 9th, 2013

      Kalo pengen ngalahin jupe 135cc ganti motor pake CBR,,, hehehe

    • Ryder
    • Agustus 1st, 2011

    Awalnya saja SUPRA lho sudah menang telak kalau masalah kecepatan.. Zzzzz…

    Hanya masalah Akselerasinya masih kalah untuk Supra X 125R kalau dibandingkan Shogun 125.

    HONDRA SUPRA X 125R PGM-FI jangan pakai PERTAMAX atau pun PERTAMAX PLUS. Injection Supra memang berbeda dengan motor yang lain sekalipun dari honda sendiri. Karena memang di desain khusus untuk tipe kelas kecepatan dan bekerja akan membantu akselarasi ketika anda melaju kecepatan yang tinggi meskipun hanya beberapa detik, seberapa lama alat itu bekerja tergantung dari suhu temperaturnya pada saat itu.

    • firman
    • Agustus 23rd, 2011

    Kalo misal gear depan belakang diganti punya klx trus dibubut gmn?thx

      • propus
      • September 30th, 2011

      ganti punya KLX lom pnh nyoba. tp setau saya pake sproket GL max yg ditipiskan bagian tengahnya bisa

    • Firman
    • Oktober 8th, 2011

    spido jadi rewel donk???

      • propus
      • Oktober 12th, 2011

      yah, resikonya mang gitu bro

  7. gmn dgn bbm nya pakek yg biasa pa pertamax+?truz oli mesin masih yg standart pa da yg lbih baek???thanks

    • Satria Denso
    • Juli 19th, 2012

    gua udah pernah nyoba sproket 38 GL 100 dan 14 Atrea Grand,.. al hasil motor aku gigi 1,-nya mampu tembus 55 km/jam dan gigi 2 90 km/jam,… itu,-pun hanya ngandal,-in ”bubut” noken as aja dari mekanik (200 rb),.. rencana,-nya mau jajal,-in piston kawasaki zx 130,.. yang oversize 60,.. gua dengar kulit piston ini di lapisi molybdenum (mengurang,-i buret),..

  8. apakah mtor supra tahun 2000 dengan ukuran pilot jet 45 itu bisa lebih ngacir gan ..

    • arif sakau
    • Oktober 14th, 2012

    gigi depan sama blkang juga di gnti gan..?

    • black
    • Oktober 22nd, 2012

    .ini ide buat ngalahin jupri mx 135…
    .pake piston sonic os.0
    .ganti klep+per klep sonic juga.
    .kopling manual.
    .kampas+per kopling racing
    .noken as racing yang murah meriah aja..
    .knalpot ahau
    .pake karbu std di reamer terus atur spuyer..
    .gear depan 13..gear belakang 36..
    .body std aja,,hehehehe

    @tarikannya mantab dah nie,, jupri mx aja lewat,,,,gigi 3 tembus di 125 kpj belum gas fuel,,,gigi 4 belum di coba,,coz gear ratio masih std,,,,,,

    .pengalaman motor sendiri,,,,
    .sekian ,,,,

  9. I like your writing form.

  10. And I dreamed I was quality at writing, your a master
    as opposed to me.

  11. eemm gni ae bro bisa ngalahin fu mx viksion
    supra x syy
    ganti per kopling ,,,
    piston gnti daytna
    cdi gnti brt
    band dpan 215,blakng 225
    fulll cover
    stel karbu angin angin 1/25 ptran
    suspensi dpan di trunkan
    ..klau pgn tmbh gaye crome tu bgian yg trbuat dr besi ex pelek,knalpot,
    biar kaya fast forius tmbhkan led sbagai klengkapan ,potong rntai blkang,stell ulir gas,,
    cpot aceceris standar motor biar ga berat ,

  12. gimana cara menambah speed supra x 125 yg kecepatan asli 115 kpj jd 120 kpj??

  13. Ada 1 rahasia kecil, tanpa ngerubah apapun

    And alhasil, gigi 1 ampe 60 kpj, gigi 2 90 kpj, gigi 3 ampe 118 kpj, gigi 4 kehabisan trek, (supra generasi 2, thn 2009) tp standar pemakaian ane gigi 1 ampe 40 kpj and gigi 2 ampe 80 kpj, gigi 3 ampe 100 kpj

    Kalo pengen tahu, cari aja rumah ane, KLATEN, tu motor punya bapak ane, so nggak bakal di oprek, jujur bos

    • akhmar
    • Februari 13th, 2013

    punya tmen gw aj nembus 130 yg standar,,klo pngen lbih kenceng lgi mending gk usah deh

    • tony
    • Februari 26th, 2013

    gw aja tembus 132 ,,,thu msih dalam keadaan standar,,

  14. 110 gigi 3 bos…
    gigi 4 agak molor… gak sempet masukin ke gigi 4… maklum kondisi jalan yang padat…
    cuma setting karbu doank.. supri emang lumayan kok, apalagi ganti CDI,karbu racing,setting gear,jangan lupa…kaki kaki juga mempengaruhi…soalnya pernah tuh, pas lagi ngebut2nya keganjel jalan gelombang, alhasil mentul2…

    • ivan
    • Maret 28th, 2013

    bang gwe punya supra 125 R

    bang lo udah setting karburator tapi kecepatannya macih mentog 118 apa perlu ganti komponen atau gimana bang ….????

    • enda
    • Mei 7th, 2013

    gan kenapa yah supra x 125 tahun 2006 suka mati cdi dah 3 kali ganti cdi mohon penerangan nya

  15. Bang???motor supra saya mau saya kencangin..tapi gk pakai modal gmana bang???kasi tau cara nya dong bang misal nya naik jarum gitu trus ap lg bang???mohon di balaz

    • Rio
    • September 27th, 2013

    Udah ada yang tes karburator glpro neotech.cam kawahara.busi tdr iridium.cdi brt.gear dpan standar belakang 37.ban blakang 250 depan 225…jupi 135 mah cuma liat lampu rem gw aja

    • Rio
    • September 27th, 2013

    Settingan gear skunder honda 125 udah pas bro n sis.jgan banyak di ubah…tenaga aja yg diubah

  16. bang gw punya supra x 125r..cara menambah top speed supra x 125 ..tanpa melakukan perubahan yang berarti dan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak..?

  17. skian bnyak komentar,.. saya jga mau komentar,…
    apa gk trlalu boros minyak nya tuhh,…?

    • otaku
    • Oktober 17th, 2013

    ga perlu kyk gt aj supri q gigi 1 aj 60 km/j, 2 = 90km/j, 3 = 120 km/j, 4
    = 125 ++…. ga perlu bore up ato gnti gear,,,,cuman stel2 ringan

    • rio
    • November 17th, 2013

    paling irit duit…copot saringan udara setel 1 1/4 puteran.ganti gear blakang lbih gede 3 mata.copot rantai dinamo stater 140kpj tpi akselerasi jauh lbi cepet dri standart gan…..mau enak lg tambah 170rb bli koil bluetunder…lbih lg ganti cam merk CLD/KWAHARA skitar 300rb

    • Kid
    • Januari 6th, 2014

    Ane emang pemain supri 125, sampe punya 3 . Caranya standart akselerasi mantap versi ane nih . Karbu ganti pwk 28 sudco, karna mesin std jadi agak basah, setel kering aja biar ga brebet bawahnya . Coil kx 85 . CDI brt no limiter, noken as/camshaft yg lift gede, ane 280 derajat, ama per kopling daytona, oli 10-40w, dan jangan lupa tombak dikit knalpot standarnya . Agak mahal dikit sih modalnya, tapi jangankan shogun, fu standar aja ga mampu ngejar dah .

    • DLinerst
    • Februari 16th, 2014

    supra guwe kasih karbu thunder,kampas – per kopling tdr,piston kaze over 75 tpi kok tarikanya kurang yahut
    mohon kasih penerangannya mksh

  18. sy punya supra x larinya lumayan pernah didalam perjalanan pulang ada grup toring motornya baru semua”supra125.jupitir z,vario 125 cf1,vega news,semua itu keok jauh sama sepeda supra x100 padahal yg diganti hanya busi pakai TDR

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: