Malapetaka HDD Jadul Seagate

Sore2 sehabis pulang kantor emang enak buat rebahan, sambil ngantuk & melepas penat (maunya langsung pencet tombol power CPU & go online again), tapi takut dimarah istri. Jadilah remote TV yang saya raih:mrgreen:

Lagi asik2nya mengikuti acara2 yang sebenernya saya sendiri gak mudheng, tiba2 dapet telfon dari seseorang. Ya, dia adalah mekanik langganan saya di Astra Motor Klaten. Dia mengeluh kalau komputernya tidak bisa masuk windows & minta tolong saya untuk memperbaikinya. Maklum, saya adalah tukang servis CPU kelas kampung, yang saya gunakan sebagai pekerjaan sampingan disaat senggang sepulang kantor.

Singkat kata saya cek kesana kemari &

Saya pun menyetujuinya (walau sebenernya agak berat, karena yang diinstal adalah Komputer Canggih ketika tahun 1997) Pentium III 533mhz.

Pentium 3

saya vonis WD Caviar 20gb yang macet penyebabnya. Dia pun minta tolong untuk digedein sekalian HDDnya karena akan dipake buat nyimpen film2 kelas VCD. Dengan sok yakin maka saya sarankan HDD40gb buat penggantinya.

Singkat cerita saya titip tetangga untuk beli HDD bekas di salah satu tempat dekat rumah, Seagate 40gb U-Series 5 berbodi lapis karet. Dan ternyata computer nggak mau booting…weeeesss….langsung pertanyaan2 saya lontarkan ke forum, akhirnya dapet jawaban bahwa tipe ini Cuma mampu menghandle HDD maksimal 20gb.

Sompret!!! (batin saya) harus nukerin lagi nih kayanya. Setelah 3-4hari berdiam ternyata gak ada yg bisa saya lakukan karena kesibukan jam kantor, akhirnya saya putuskan (sekali lagi) nitip teman beli HDD 20gb Samsung SpinPoint. Asumsi saya biarlah punya HDD 40gb, toh dirumah ada CPU sempron nganggur tanpa HDD. Dan instalasi HDD 20gb selesai setelah susah payah nunggu lamanya. Saya gak narik tariff, gak enak buat temen sendiri euy….Cuma biaya ganti HDD saja

Sekarang giliran saya buat instalasi CPU Sempron, saking semangat saya pasang di CPU utama saya biar cepet & nanti tinggal auto detect dim mobo PCChips. Sukses terinstal semua, namun driver sound belum & harus download. Saya unduh di web resmi, (sok tau tipe mobo dari betuknya), trus saya install & Tuingggg…..??? Komputer hang & kursor lenyap. Coba uninstall driver & berhasil…kursor muncul lagi, tapi ngelag & lagi-lagi hang. Akhirnya Shutdown kasar pun dilakukan. Nyoba hidupin malah gak mau masuk windows. Mulai dah keringetan…nyoba install ulang & akhirnya muncul message HDD Damage. Lhah….coba cek pake HD Tune Pro, emang kedetek bad sector, akhirnya jalanin HDD regenerator.

Hingga sector ke 90-an HDD masih mau direpair…setelah itu gak bisa semua. Nyoba LLF (Low Level Format), gagal & setelah cek ulang pakai HD Tune (lagi) ternyata errornya menyebar secepat kanker. D*mn!!! 165ribu terbuang sia2….Akhirnya jadi ganjel pintu aja tuh HDD😦

Pelajaran buat semua, mending pakai HDD baru atau sekalian computer barulah…minimal cari yg masih bergaransi biar terjamin investasi anda. Kalopun terpaksa nyari bekasan, usahain minta jaminan ama penjualnya. Sekian

Salam

    • zaqlutv
    • Juni 22nd, 2010

    jiaaahahahaa… ada yang ngalamin juga, hdd 40gb punya aye sekarang dipake temen buat asbak..waktu itu sempet kanibal mobo sama motor dari hdd laen, tapi ya karena piringannya yang udah ada baret ya buat asbak aja casing-nya..:mrgreen:
    salam kenal Kang..😉

  1. salam kenal juga bro…seagate emang rada ringkih di platternya

    • zaqlutv
    • Juni 25th, 2010

    kang, bole nanya ga?
    pernah ngalamin ga saat install pc driver vga fine2 aja, tapi setelah joint domain direct3d-nya jadi not available (dari directx), sudah update driver dan graphic accelerator ya pancet ae..
    apa krn GPU dari domain controller yach?
    jadi ga bisa maen GTA lagi nih..😦

    • gini aja bro, coba download graphic diver keluaran terakhir, sesuai vga yang digunakan. sebelum langkah install, uninstall dulu graphic driver, bisa pakai software namanya driver sweeper. setelah bersih lalu install driver terbaru. (entah driver catalyst, atau driver forceware, atau intel extreme graphic) tergantung vga anda. mungkin ada bug pada driver yang anda gunakan. OSnya pake apa nih? trus GTAnya yg apa?

    • zaqlutv
    • Juni 25th, 2010

    hehee, langkah udah semua itu kang bro.. OS masi XP Pro, kompi laen yang di-jondom-kan juga bernasib sama.. apes dah..😦
    GTA lama seri vice city, buat iseng dikala senggang di kantor, hehee..
    rise of nation juga ra iso, pokoke game 3d lah, ya jadi maen game flash dah bisanya.:mrgreen:
    mungkin karena GPO domain yang baru, domain yang lama sih oke2 aja.. masalahnya aye lom ada akses ke domain controller sing baru..di kantor lagi ada project migrasi domain.. juga migrasi domino ke exchange, lom lagi depoy pc baru ke user, aduh cape deh..

    • repot juga yah, hehe…sayang saya termasuk jarang main game bro…jadi solusinya agak terbatas. kemungkinan bisa dari GPU domain…atau juga registry OS ada yang korup.

    • zaqlutv
    • Juni 25th, 2010

    bisa jadi karena gpu, sebab dibalikin ke domain yang lama ato dilepas dari domain malah normal lagi. tapi lucu juga bikin policy men-disable direct3d vga. rada2 nih yang bikin..
    btw thanks yo kang bro..

  2. mungkin biar gakpada ngegame kalik, hahahahaha😆

    • zaqlutv
    • Juni 25th, 2010

    :mrgreen:

  3. Excellent beat ! I wish to apprentice even as you amend
    your site, how cojld i subscribe for a blog web site?
    The account helped me a applicable deal.
    I have been tiny bit acquainted of this your boadcast offered
    vivid transparent idea

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

