Generic Non PnP Monitor, EDID Gone

Monitor crt nyaris tamat, seiring munculnya teknologi LCD untuk desktop PC. Dari merk yang abal-abal hingga merk terkenal semua tersedia di pasaran. Jika dulunya kita beli monitor CRT Flat 17” seharga 1.25juta, maka dengan dana yang sama bisa kita peroleh monitor LCD 17” s/d 18.5”. Dengan resiko radiasi yang rendah, praktis+hemat ruang , serta hemat listrik, sangat2 menggiurkan dan membuat alas an mempunyai monitor CRT baru sangat tidak masuk akal (kurang worth to buy). Berbagai pilihan dari merk generic semacam Advance, GTC, atau branded semacam Viewsonic, BenQ, Acer, Asus, LG, Samsung, Philips, sudah sangat mudah dibeli di toko computer, baik secara online maupun offline (hehehehe…ngawur). Namun dibalik semua kelebihan dan kemudahan itu, ternyata ada banyak juga kelemahan LCD. Dari mulai Dead pixel (pixel mati pada layar, 1 atau lebih) , Backlight mati, atau EDID Corrupt.

EDID Corrupt

Disini saya gak akan bicara panjang lebar, karena masalah EDID corrupt ini sangat jarang ditemui kasusnya. Selebihnya tentang EDID (Extended Display Identification Data), bisa dibaca di sini. Adapun penyebab rusaknya EDID ini berdasarkan yang saya alami adalah kejutan2 listrik pada saat monitor berada pada kondisi stand by. Singkatnya ketika secara tidak sengaja saya cabut kabel power Viewsonic VA1716w dari stop kontak & memasangnya lagi terjadi sedikit percikan bunga api. Akhirnya saya hidupkan monitor yang seharusnya berjalan di resolusi native 1440x900pixels, kini hanya mampu berjalan di resolusi 1024x768pixels. Dicoba jalan di resolusi 1440×900 langsung keluar pesan Out of Range. Monitor yg tadinya teridentifikasi viewsonic va1716w jadi Generic non PnP monitor (Monitor gw PnP /Plug n Play lho). Coba googling & akhirnya ketemu cara perbaikinya dengan Viewsonic EDID editor.

Saya sendiri sebenarnya tidak tahu persis langkah software ini untuk mengeditnya, tapi dengan beberapa klik di Translate EDID & Modify EDID, akhirnya monitor kembali terdetek sebagai Plug n Play monitor di Windows 7. Sebenarnya tidak menutup kemungkinan terjadi di monitor LCD lain, coba saja search toolnya di official website merk bersangkutan kalo ada yang mengalami. Saya sebisanya akan sharing langkah2nya kalo ada yang mengalami masalah sama. Jadi, tidak ada alas an untuk takut menggunakan monitor LCD kan? :mrgreen:

Download edid editor di :

http://viewsonic-edid-editor.software.informer.com/3.1/

http://www.tucows.com/preview/329441

Advertisements
Categories: Uncategorized

7 thoughts on “Generic Non PnP Monitor, EDID Gone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s