Single vs Dual Piston Caliper, Bagus Mana?

Di beberapa media otomotif nasional atau beberapa blog sering diungkapkan bahwa rata2 bebek sekarang beralih ke single piston karena menurut mereka daya pengeremannya lebih kuat yang single piston. Pendapat saya beda. Single piston Vs Dual piston caliper, dengan spesifikasi master rem sama (baik panjang tuas penekan & diameter piston didalam master), serta material brake pad dgn komposisi non asbestos & semi metallic yang sama, maka saya pegang double piston. Walaupun bukan berarti double piston gak punya kelemahan. Selanjutnya buat referensi bisa baca disini, untuk mempelajari apa saja kelebihan masing2. Mungkin bisa sedikit menambah ilmu atau wawasan kita tanpa memandang merk.

Gakada alasan lain selain kata“lebih murah” buat single piston. Liat Honda Blade/Revo, new Jupiter z/vega, Smash Titan yang bukan produk premium. Bandingkan dengan HSX 125, Shogun 125, Jupiter Z lama s/d Burhan (Kalo new Jupiter Z mungkin alasan biar nggak kuwalat sama Jupiter MX yg harganya lebih mahal). Kalo bilang rem Jupiter MX/new Jupiter z lebih pakem daripada HSX125, bisa jadi. Kan belom liat masternya bagaimana, material brakepadnya bagaimana. Contoh, dengan 2 piston lawan 2 piston sendiripun kekuatannya beda-beda. Antara Blitz R, Shogun SP, & HSX125. IMO, rem Kawak Blitz yang paling pakem, disusul Shogun SP & terakhir HSX 125 (ingat, ketiganya bisa subtitusi brake pd). Hanya saja Kawak blitz & Shogun rada berisik di padnya. Kemungkinan karena kandungan metallicnya lebih banyak dan ini berpengaruh banget di performa pengereman. Sebagai contoh liat aja kalo ada  yang pake brake pad aftermarket “FERODO”, atau “DAYTONA”. Saya pernah mengaplikasikan di Honda Karisma 😀

Kenapa bisa beda2 padahal vendornya sama? Hehehe…namanya juga beda merk, beda alkitab, tujuannya juga beda2. Bebek Yamaha identik dengan sporty, dirancang dengan rem yang sekali senggol tuasnya langsung menukik. Bebek Honda supaya familiar dikalangan orang tua2, remnya dibuat lebih smooth. Masa sih AHM gak becus bikin merancang rem HSX125 biar lebih pakem…? Bisa saja menerapkan Master & caliper Honda Tiger di HSX125 (Brake padnya, lagi2 sama). Tapi apakah demikian bijak dengan segmentasi HSX125 yang ditujukan buat siapa? Belum tentu. Apakah berkaitan dengan biaya produksi, tergantung masing2 pengorder, yang jelas itu rahasia dapur masing2 merk & kita tinggal pilih aja. Kurang puas performa standar, pakai aftermarket. Resiko? Tanggung penumpang

Advertisements

11 thoughts on “Single vs Dual Piston Caliper, Bagus Mana?

  1. @scnk
    murah gak murahan—>suzuki titan, vega zr, absolute revo, kawak edge, asal jangan tossa/jialing aja, huahuahuahua….tapi pernah kalah sama tossa sih…waktu naik honda karisma dulu…gila, kenceng amat

  2. klo di angkat mnjadi sebuah penelitian bisa g toh??
    tapi apakah bisa di pasangkan kedua jenis rem tsb pada satu kedudukan satu motor??
    thank’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s