Pabrikan berlomba lomba menelorkan motor baru, baik Sport, Bebek, Matic, atau Crossover. Tapi nggak sedikit yang gagal melakukan penetrasi, sehingga akhirnya terlupakan. Keberadaannya kinipun seakan jadi barang langka sehingga beberapa diburu oleh peminat serius. Berikut saya ulas satu-persatu yang gagal bertahan, bahkan beberapa harus disuntik mati.
Suzuki Arashi
Motor ini tadinya digadang-gadang untuk menggantikan Suzuki Shogun SP. Disain, out of the box, penempatan lampu di panel membuat sedikit beda penampilan. Cocok buat yang ingin tampil lebih stylish & more power. Sayang peminatnya sedikit, mengingat masyarakat pengguna roda 2 di Indonesia cenderung memiliki mindset yang normal-normal aja untuk bebek. Bebek ya lampunya di setang, shockbreaker stereo, serta gak terlalu dijejali teknologi aneh-aneh. Simpel, praktis, perawatan gampang. Mungkin alas an ini yang membuat Yamaha tidak tertarik memasukkan Yamaha X1 ke Indonesia. Liat2 di web Suzuki juga gak nemu…bahkan saya kebetulan punya tetangga marketing Suzuki, katanya sih peluncuran Arashi merupakan “dosa” terhadap Shogun.Saya sih gak terlalu mudheng maksud dosa…mungkin kesalahan kali ya? Sedikit beda nasib, walau Suzuki terseok-seok penjualannya dibanding Honda & Yamaha, setidaknya Shogun masih menjadi tulang punggung lain yang menopang kesinambungan hidupnya di Indonesia.
Honda Kirana
Aneh, tanggung…itu kesan pertama yang saya lihat setelah diluncurkannya Honda Kirana. Dengan mengusung mesin 125cc, malah dibekali rem tromol. Padahal saat itu Supra X (C100) sudah menganut rem cakram. Bisa dibayangkan, top speed Honda Kirana yang mempu menyentuh 120km/jam ketika melakukan panic braking akan menjadi suatu momok besar. Untung saya nyoba yang dah dimodif cakram Supra X . Kekurangan lain adalah disainnya masih Astrea Grand banget. Apa Honda ingin mengulang masa keemasan Astrea Grand dengan meluncurkan produk Ini? Kalo alasannya demikian, berarti keputusan yang sangat bodoh. Sekitar tahun 2005 AHM menyuntik mati produk ini. Produk Kirana lebih banyak dipakai untuk kendaraan operasional Bimas & sisanya dijual dengan kredit ringan untuk karyawan Astra. Tragis untuk seekor Honda yang saat itu menjadi penguasa pasar.
Yamaha Sigma
Sebagai penerus generasi Yamaha Alfa, penetrasi pasarnya sangat buruk. Disain sporty serta rem cakram ternyata tidak menarik minat pembelinya untuk meminang motor 2tak 102cc ini. Kalah pasaran dengan F1Z? betul…sebagian orang bilang sangat tanggung sebagai motor keluarga…daripada sigma, mending ambil F1Z, toh sama2 borosnya (sesama 2 tak). Terlebih motor ini rada payah unjuk kerjanya di tanjakan curam. Jauh lebih mulus Astrea Grand 97cc, sehingga yang tinggal didaerah pegunungan rada malas untuk memakainya. Belum lagi ketika itu muncul saingan dalam selimut, Yamaha Crypton, motor 4 tak Yamaha yang diproduksi di Indonesia. Lebih irit, teknologi lebih baru dari Honda. Saya gak tau persis kapan Yamaha Sigma ini disuntik mati, yang jelas mulai tahun 2003 motor ini sudah jarang terlihat di dealer-dealer Yamaha. Mungkin ada yang tau persis bisa menambahkan?
phwuerrtwhammmwhaaaksxxx………!!!
pusing
dari 3 mongtor diatas paling keren suzuki arashi…
@terong
betul betul betul…arashi memang mantap, suzi terlalu tanggung memasarkannya. harusnya sekalian pakai CW & cakram belakang. Apalagi tambah kopling manual & stripping sporty. Soal power mah, Supra X125 kalah…
arashi itu ada versi cw ama kopling manual kok. Cuma velgnya mirip punya smash nr nggak kayak shogun sp/satria fu
tentang kirana:
http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/05/27/honda-kirana-sinar-yang-kurang-bersinar/
http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/05/28/honda-kirana-part-2-serba-serbi/
besok ada motor ploduk gagal lain mengudara.
wah masuk moderasi komentku, segera diapprove kang
iki warung motor opo warung komputer yoo??
mas, nggak ada ya yamaha tiara, honda sonic dan raider 125, khan bentuknya sama semua tuh…
http://otomercon.wordpress.com/2010/06/22/acara-dan-kesan-pertama-dengan-d-tracker-150/
@maskur
emang ada, sayang maksud saya disini kemunculannya telat…harusnya suzuki sejak awal melakukan diferensiasi produk terhadap shogun SP (atau mungkin mematikan SP) untuk memberi jalan arashi ini. tapi kayaknya sinarnya udah terlanjur redup…kehilangan momentum dah. 😦
@mercon
lain waktu mudah2an bisa saya bahas. ini takprioritaskan motor yang diproduksi massal oleh ATPM lokal, bukan CBU 😀
yo motor yo komputer, wakakak…komputer emang pelarian saya setelah capek main-main dengan motor. serasa bisa jadi tuner sendiri con. eh…situ anak TI ya?
Knalpotnya arashi itu lho mantabs.
Kalo kirana kuenceeng men
Kalo sigma mudah digunakan.
Dulu sdr pnh beli sigma,tp akhirna nyesel jual grandnya.
Coz tyt 2 tak banci
wakakak…nek F1Z emang garang…sigmane memble…takon guspur iku, masalah F1Zr knalpot bobokan
Arashi.. My Style..!
Revo.. Your Style!
Slogane deket, tapi lakunya jauh..
Kalo Kawasaki mungkin Blitz Joy masuk tu..
beni\ul, babak ke 2 nanti, sabar bro…golek gambare angel. 😛
Kalo era ymh dulu paling oke force-1 ijo knalpot ala king.
Waw kenceng
Helm sy dulu sampe mabur gr2 kbesaran helm wkwk
Swetuju sama mas Bro Mercon..!!
mbok ya mbikin lagh artikel jaman2… di sini ada
TZM, FXR, RGR, NSR, Sonic, Tiara, FizR yg 125, Raider 125,… Touch,
itu termasuk motor yang terlupakan juga lho..
tapi kalo inget …. dulu musuh YMH rebutan predikat motor kenceng sama Suzuki ya?
YMH: TZM,RZR,RXK,Touch,Tiara,F1zR125, Force1
ZSK: FXR,RGR,Raider,Suzuki120,Tornado
pada Eksis cuman sbentar pre-dan pra-krismon
setelah itu derasnya demand untuk produk murah.. karena semua berhemat bahan baku jadi mahal,.. pajak naik.. gaji karyawan mau ga mau naik dll dll.. (skripsi aja kertas di tulis blak balik hahahah hemat keblinger)
kalo pabrikan jual motor mahal dan bagus gak bakal isa makan .. lha wong semua lagi hemat (gerakan hemat nasional) pasti motor ga laku..
akhirnya mecungul lah motor2 ekonomis.. meningkatkan daya saing dg mocin
di tambah isu motor 2tak di larang di pake di jalan protocol 2tak gak akan di produksi lagi
serta.. pada akhirnya bergesernya trend ke arah skutik..
whelegh2 dab… (si-Komo Lewat) Djaman telah berganti..
sekarang banyak orang kaya mainan motor…. ratusan juta kalo dulu ga ada cerita orang kaya ato anaknya orang kaya yg sudi naik motor mahal.. pasti mainan nya langsung mubil.. ya entagh timor,civic,starlet,bimantara,..taft,feroza,rocky… (halagh) mengenang ke-irian (ke irian apa ke-papaun?) masa kecil… (lha aku anake wong ra duwe jee..) numpak e RGSprot (baca RGR iku wae minjem kangmas.. :lol:) tibo wis gede temenan nyuwun e ninja malagh di tumpasne GL / ilang pisan pas kuliyah wahahaha
sekarang motor trail aja ga pernah di ajak jalan.. saben dino naik skutik honda
wussss santey.. asal bohay dab sambil mejeng.. saingan sama anak2 SMP berangat Les bahasa inggris.. trus di jalan ketemu ==== Samlekom..”OM sore2 mo kemana? Balapan aja yukk….” hahahaha kelasnya di tantang anak SMP dab..
lumayan, gak pernah narik.. hemat umur.. hemat bensol eh bengsin
(curhat mode: oN!)
wokey boss, mudah2an kalo dapet referensinya nanti saya bahas. Itu walau terlupakan tapi tetep legendaris…sebenernya pingin memiliki salah satu (yang bagus tapi)…sayang duit nggak bersarang dikantong.
kalo nggak salah motor2 itu pernah dibahas di
http://babad150f.wordpress.com
juga
http://asamarantaka.wordpress.com
silahkan ubek2 arsipnya
menuju te ka pe juragan…
cdi arashi aling dicari-
one step diatas cdi kebo_
masak iya to
kalo aku ngincer : Spakbor belakang, footstep boncenger buat dipasang di SHogun FD 125
lha kok ganti otomotif to den, tak kiro sek kompuer terus
sekali sekali tho dab…bar iki dibelokne meneh..ben ora bozenz…haghaghaghag…
yang penting hidup bebek….xixixiix
honda Astrea legenda terlupakan ga? heehhe
http://djiesaka.wordpress.com/suporter-cantik-world-cup-2010/
saya kira dulu Arashi akan sangat diminati, lha wong iklannya sip banget dan dari iklan penampilannya bagus, tapi kok pas dipasarkan malah jarang banget lihat di jalan raya.
dulu di sangkut pautkan dengan Juipiter MX
@propus
iya, aku anak TI amikom…
cuma ya… saya kurang greget di TI…
mennya seputar keamanan ama desain aja…
belum pernah sekalipun menaiki, nyetir atau mbonceng arashi…
bener2 terlupakan….
bagaimana dengan SUPRA V dan SUPRA XX
apa ga salah tuh motor cuma nongol 1,5 tahun doang..
Klo p yg ngcewain to body datar sprti honda grand, kirana, dan legenda. Body datar kyk tugu penongkrongan d jln trus sadel yg rata kyk jok cidomo ataw cikar/delman. Bs gk motor kyk to d musnahin dr jaman?
Reblogged this on The Life of Decci.
This piece of writing will help the internet people for building
up new web site or even a weblog from start to end.
yang paling cupu honda kirana