Next Tiger Lagi???

Simpangsiur mengenai keberadaan next Honda Tiger yang selalu dikhayalkan ternyata menggelitik saya untuk membaca-baca lebih jauh. Bahkan sebagian blogger membayangkan New Tiger sosoknya yang berupa CBF 250, CB 300R yang di spec down jadi 250cc, atau bahkan yang lebih extrim lagi, berangan-angan nama Tiger disematkan pada Honda VTR250. Mungkin gak ya?:mrgreen:

Mungkin agak out of the box dikit, bilamana bayangannya besok Tiger diharapkan punya kapasitas mesin yang lebih gede supaya mampu head to head dengan Yamaha Scorpio, kenapa AHM nggak nyobain comot mesin CRF 230F saja? mesin 225cc silinder tunggal berpendingin udara masih dari generasi Tiger (lihat pic, crankcasenya sama), tentu investasinya tidak terlalu melonjak drastis. Atau sekalian yang lebih mantap, ambil aja sekalian rangka plus monoshocknya (asal jangan ambleshnya saja, wkwkwkwkwk😛 ). Toh semua sepakat bahwa tipe kendaraan offroad punya rangka lebih kuat daripada motor cruiser macam Tiger. Yamaha sudah membuktikannya dengan menyulap yamaha Serrow menjadi Scorpio.

Nah, kira-kira Honda mampu gak ya? Kalo dipikir mampunya sih mampu, cuma niatnya itu lho…ada nggak?

    • adul
    • Oktober 4th, 2010

    Dalam sejarah roda dua Indonesia Honda dan Yamaha mengambil langkah strategi yang berbeda dalam meraih pangsa pasar. Perbedaan langkah ini melahirkan diferensiasi secara kubikasi mesin pada kelas motor serupa. Ingat saat Honda berjaya dengan Grand dan Supra 100 cc ? Yamaha berupaya melawan dengan Vega 110 cc, ketika kemudian Honda merilis Blade dan Abs Revo 110 kembali Yamaha melawan dengan Vega ZR dan Jupiter Z 115. Banyak kejadian lain semisal Supra X 125 vs Jupiter MX, Megapro 160 vs Vixion, Tiger vs Scorpio. Intinya AHM mengedepankan desain dan ergonomi selain keiritan konsumsi BBM, sementara Yamaha mengedepankan performa dan harga yang realible.
    Berkaca dari kenyataan diatas kemungkinan besar Honda akan melawan Scorpio dengan sportbike berkubikasi lebih besar, entagh cruiser atau sport touring.

    • adul
    • Oktober 4th, 2010

    Saat ini baru NMP dan Byson yang head to head by engine … investasi penggunaan mesin CRF 230 kelihatannya lebih murah, tapi impactnya lemah. Honda akan menggunakan jurus ‘sekali dayung dua tiga pulau terlampaui’ … dan target sesungguhnya bukan scorpio, tapi …. cari sendiri😀

    • emang impactnya di dunia maya gak sekuat kalo menelurkan yang bener2 fresh from the oven layaknya VTR bro, sayang VTR sangat2 tidak mungkin dijual dengan harga dibawah 40juta, menjadikan pangsa pasarnya sangat terbatas di dunia nyata. nah, disini saya mencoba berpikir serealistis mungkin (akan lebih baik kalo pabrikan memberi lebih dari angan2 saya)…yah, sekedar gambaran minimal, mungkin bisa diberi sedikit unsur teknologi…injeksi misalnya. toh, Yamaha Byson yang kemarin launching juga tidak memberi teknologi yang wah, selain desain yang bener2 fresh. penampilan masih jadi yang utama, selain harga yang kompetitif dari pesaing terdekatnya. mungkin VTR juga bisa masuk, layaknya kawasaki N250R, tapi IMO cuma sebagai flagship saja.

    • adul
    • Oktober 4th, 2010

    Honda Tiger dulu juga flagship bagi AHM, belum ada ATPM yang menjual sepeda motor dengan mesin sebesar Tiger tahun 1996 – 2002. Munculnya N 250 R menggerus pasar Tiger, noted : pengguna N 250 R kebanyakan mantan pemilik Tiger. Honda berkeinginan kembali menjadi ATM yang tak terkalahkan, so … butuh lebih dari sekedar sepeda motor yang mampu head to head dengan Scorpio.
    Segmen yang ingin dimasuki memang bukan segmen yang elastis terhadap harga, tapi enthusiast biker yang memandang sepeda motor lebih dari fungsionalisasinya … sudah dimulai dengan PCX dan Revo betik.

  1. Hadir pak guru!

  2. hehe, bukan saya nggak setuju bro. cuma buat saya kalo misal bener2 VTR yang masuk sini, harapan saya malah namanya jangan diubah2 jadi Tiger. Sayang nama besar VTR sudah mendunia, sama halnya dengan Scoopy, PCX, maupun CBR. Jadi untuk Tiger, buat saya paling pol spek down dari CB 300R dengan range harga yang lebih masuk akal.😀

  3. Serrow pasti nggak ambless
    kok scorpio ambless ya?

    • keberatan body ya’e kang, serrow kan bodynya minimalis, wkwkwkwkwk😀

      • sobek2
      • Oktober 12th, 2010

      semua motor garuk tanah kalo buat boncengan pasti amblesh mbleshhh pakdhe..
      lha peruntukan nya emang di naikin sendiri kok😀

      lha scorpio ngambil rangka mentah2 dari yamaha serrow trus buat boncengan dan pasang box gede2 tiap hari ya mlengkung chasisnya

      dan buritan scorpio kynya (*kaya’nya lho ya.. lebih panjang dari serrow

      satu lagi g ndak setuju…
      CRF 250 jgn di jadiin motor yg bukan kodratnya ato ambil mesin nya ato apalah…
      jual aja sesuai kodratnya , head to head sama KLX
      trus Suzuki biar jualan RM khan KTM mau masuk lewat bajaj😀

  4. nampaknya aku juga akan menjadi tigeris yang hijrah

      • Abon Sapi
      • Oktober 5th, 2010

      whoeess…hijrah kemana oom? London?

        • ashley soulsick
        • Oktober 5th, 2010

        pasa kangkung….

      • adul
      • Oktober 5th, 2010

      hijrah ke New Tiger😀

    • Abon Sapi
    • Oktober 12th, 2010

    waw, mantaplah pasti

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: