Mengapa Indonesia Banyak Kena Stuxnet?

Wow, virus yang ditemukan sekitar bulan Juni 2010 oleh sebuah perusahaan keamanan di Belarus ternyata sudah sangat menyebar di Indonesia. menurut data di Kompas.com, tercatat lebih dari 34 ribu pengguna komputer terserang virus  ini. disebutkan pula di Kompas :

Tujuan utama worm ini adalah untuk mengakses Simatic WinCC SCADA, yang digunakan sebagai sistem pengendali industri dan bertugas untuk mengawasi dan mengendalikan industri, infrastruktur, atau proses-proses berbasis fasilitas. Sistem serupa digunakan secara luas pada pengilangan minyak, pembangkit tenaga listrik, sistem komunikasi yang besar, bandar udara, perkapalan, dan bahkan instalasi militer secara global.

Saya sendiri tidak terlalu tahu apa pengaruhnya di komputer pribadi yang samasekali tidak terhubung ke jaringan, apakah membebani sistem, atau sekedar memenuhi file di harddisk. Yang pasti, perilaku kita dalam menggunakan komputer sangat berpengaruh dengan rentan/tidaknya untuk disusupi virus, bukan hanya Stuxnet tapi juga virus2 berbahaya lain. Tahu sendiri, hotspot makin mewabah, laptop & PC semakin murah, serta kebiasaan colok-cabut UFD tuker-tukeran data membuat resiko semakin tinggi. Dan menurut saya, kesalahan bukan pada komputer anda, tetapi pada kecerobohan diri anda sendiri. Memang banyak spekulasi dan diskusi, mengenai maksud dan tujuan penyebar Stuxnet, asal, serta identitas dari penyerang dan targetnya.

Satu yang pasti sebagai pencegahan, selalu update antivirus kita dengan versi terakhir, mendownload & instal patch yang disediakan Mikocok (bagi pengguna Jendela), rajin scan perangkat colok-cabut (UFD), dan satu lagi, hati2 ketika browsing/surfing ke area “XXX”, karena biasanya disitu banyak mangkal jebakan batman :mrgreen:

Waspadalah…waspadalah…!!! 👿

Advertisements

8 thoughts on “Mengapa Indonesia Banyak Kena Stuxnet?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s