Polantas, Seharusnya Tidak Cuma Menilang Pelanggar

Berapa kali anda ketemu Polantas di jalan setiap hari? Berapa kali anda menerima surat tilang dalam 1 tahun terakhir? Berapa kali anda terbantu dengan adanya Polantas ketika situasi jalan sangat krodit? Berapa kali anda mengumpat ketika anda/pengendara lain yang membutuhkan bantuan tetapi Polantas hanya diam saja tidak melakukan usaha apa-apa?

Ya, saya sekedar menyampaikan curhatan semata ketika tadi siang pukul 11.45WIB melewati perempatan Warung Pelem (Utara Pasar Gede Solo) ada sebuah pickup Suzuki Carry hitam mogok di depan toko ban. Karena ditengah jalan, otomatis mobil-mobil lain antri hingga menghalangi perempatan. Terlihat pengemudi yg sedikit gugup berusaha mendorong dengan susah payah. Ternyata di pos polisi ada 2 Polantas tetap diam tak bergeming nongkrong diatas motor sembari tertawa2 seolah tidak terjadi apa-apa. Inikah potret Polantas kita? Bukankah tugas mereka selain penegak hukum, juga mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat? Sayang ketika itu lampu kembali menyala hijau, saya tidak sempat memotret keadaan itu.

Sungguh disayangkan sikap mereka. Mungkin mereka harus mencontoh tindakan Polantas2 lain yang rela mengeluarkan tenaga sekedar untuk membantu mendorong mobil mogok, demi melancarkan lalu-lintas. Bukankah itu juga kewajiban mereka? Jangan karena setitik  susunya nila nila setitik, rusak susu sebelanga. Kami sebagai masyarakat akan lebih salut jika Polantas mau berbenah, terutama aparat yang berada di lapangan.

Gambar dapet nyedot dari google.co.id & kaskus.us

 

  1. pertama (gak pake xxx)😆
    Polantas dibenci tapi kadang dibutuhkan😥

    • betul, ketika jam sibuk & kebetulan traffic light mati, adanya polisi sangat membantu bro

  2. wah, polisine asli ngendi to

    • wah, asline gak tau kang…ya sebatas oknum, tapi sudah bikin gimana gitu. mudah2an kedepannya bisa diperbaiki lagi

  3. tugasnya calon kapolri baru, benahi mental aparat…

    • hadiyanta
    • Oktober 18th, 2010

    minggu sore aku bar kecegat operasi di ringroad selatan, dekat RS PATMASURI, tapi aku lengkap sih, tapi bikin delay saja tuh operasinya. eh pas itu ada ninja 250r lewat di jalur mobil banter banget, asyem.

  4. @mas hadi
    Ya ky gitu mas.kenapa polisi gk melakukan action? Buat pengendara ninja, atau harley sekalipun. Apa motor polisi kurang kencang?

    • sobek2
    • Oktober 18th, 2010

    masih inget gak kalo kapolri dulu agendanya memberantas premanisme.. *dulu sebelum di angkat, heheh sekarang mah mau pengsiun
    Tapi premanisme senayan
    premanisme pajak
    premanisme pengadilan
    organisasi2 berkedok kebudayaan maupun keagamaan, pemuda dan organisasi sosial lain yg mempraktek kan tindak premanisme… Makin marak

    mash lumayan pendahulunya…
    Memberantas perjudian.. Dan itu benar2 dilakukan walaupun di sana sini masih ada kecil2 an
    tapi imho masih berhasil

    mengharap kapolri untuk memperbaiki keadaan? Terlalu jauh kisanak…
    Perbaiki saja akademi dan institutnya, pengajar dan instrukturnya..
    Angkatan lama2 sudah susah mending start dari 0 dari sekarang…
    Saya lbh salut pd kapolri yg berjanji berkomitmen akan memperbaiki system penerimaan dan pendidikan angotanya, memperbaiki sumberdaya anggotanya…
    Jangan terima lagi bintara dan tamtama dari sma ato smp…
    Tamtama lulusan D3, bintara S1, perwira minimal S2 dst, semua jenjang penerimaan melelui mekanisme mirip pada penerimaan perwira karir, jadi sebelum masuk kedinasan mereka sudah memiliki skill khusus..
    itu baru mantab polisi dan tni pasti maju..
    Yg daftar dan niat menjadi adalah yg benar2 mau dan mencintai pekrjaaan itu karena jika sudah memiliki skil kemampuan dan kwalifikasi, ngapain capek2 jadi anggota polisi atau tni, sedangkan dia bisa berkarir di bidang lain
    Jadi program pendidikan dan kedinasan pemerintah yg akan jadi aparat2 negara ini tidak di jadikan jalan pintas untuk mendapatkan pekerjaan…
    Karena jika aparat pemerintah menganggap tugas dan profesinya adalah pekerjaan semata maka beginilah jadinya
    Sekali lg IMHO

    mohon maap, mas ada air putih? Saya haus ngomong ngalor ngidul ga jelas hehehe

    • whoah…comment of the day mas😀
      salut sama pemikiran sampeyan. kalo dari kacamata saya (kacamata yg mana?😆 ) poilsi menjadi suatu pekerjaan, bukan sebagai panggilan negara. terusterang saya khawatir ketika mereka yang masuk melalui sistem percaloan…ya, nggak murni test lagi. ini kalo mau jujur2an lho ya.

      monggo diminum air putihnya mas😀

    • karismanis
    • Oktober 18th, 2010

    Wah…! kebangetan tuh polisi.. ckckck👿

    • tafridefraaz
    • Oktober 18th, 2010

    betul…masih banyak polisi jujur, sayang terpinggirkan….

    • BULETIN
    • Oktober 18th, 2010

    Ya sekaran pepatah mengtakan ” jujur ajur” siapa yg jujur malah jd ajur! He.he.he..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: