Power to Weight Ratio Gede, Pasti Lebih Unggul?

Banyak sekali di jagad blog otomotif, membahas performa motor serta prakteknya di jalan. Sebagai contoh motor A, pasti lebih unggul dibandingkan motor B. Koq bisa? Ya bisalah…Yang bilang powernya lebih gedelah, yang unggul torsi di sekian ribu rpmlah, yang bobot lebih entenglah, serta berbagai alasan untuk menjudge produk A lebih superior dari produk B. Patokannya? berdasarkan power to weight ratio.  Memang rumus Daya : Bobot kendaraan akan memberikan hasil diatas kertas bahwa performa yang power to weight ratio (PTWR) lebih gede, pasti lebih unggul. Tapi apa demikian faktanya dijalan? OK, lupakan sejenak tentang perbandingan gigi, skill pengendara serta hambatan angin.

Contoh

Motor A : memiliki daya 15dk & bobot 135kg. Artinya dihela oleh daya sebesar 0.1111dk/kg-nya (15:135)

Motor B : memiliki daya 10dk & bobot 88kg. Artinya dihela oleh daya sebesar 0.1136dk/kg-nya (10:88)

Sekilas lebih besar motor B bukan? Tetapi setelah dikendarai & ditambah bobot pengendara, katakanlah 60kg, apakah menjamin performa dijalan lebih unggul motor B?

Hitung aja

Motor A : memiliki daya 15dk & bobot 195kg+pengendara. Artinyadihela oleh daya sebesar 0.0769dk/kg-nya (15:(135+60))

Motor B : memiliki daya 10dk & bobot 88kg+pengendara. Artinya dihela oleh daya sebesar 0.0675dk/kg-nya (10:(88+60))

Nah, hasilnya bisa terbalik kan? Kini dengan hitungan tambah pengendara (apalagi pembonceng), motor B jadi lebih inferior. Ini sebagai gambaran saja, jangan semata-mata terkecoh oleh PTWR saja😀

  1. emang bener, kan bOBOt ridenrnya pengaruh tuhhhh

  2. Yo bener….kadang komparasine topspeed je…Yo bener….kadang komparasine topspeed je…

      • propus
      • Juli 22nd, 2011

      dobol post detected!!!

      • nganggo opera mini saiki dobel post

  3. bener bro. . . jadi semua motor sama aja

  4. dan aku salah satu yang paling males mengkomparasikan :mrgreen:

    • Propus
    • Juli 22nd, 2011

    Tapi asli,liat komparasi fansboi bnr2 bikin ngakak lho😀

    • tuwek imitasi
    • Juli 22nd, 2011

    asololey icikicik

  5. boleh boleh

  6. Langsung terjun drag sisan wkwkwkwk:mrgreen:

  7. klo saya sih tetep milih yang power gede walo bobot lebih berat.karena lebih nyaman dikendarai karean stabil dengan bobot beratnya.
    klo motor enteng kurang nyaman

    • abd1980
    • September 30th, 2011

    lihat juga final gearnya, pengaruh juga lho,

      • propus
      • September 30th, 2011

      betul gan

    • endang
    • Mei 10th, 2012

    Kalau untuk mobil ,sama juga ga yah ?? Rumusnya seperti itu ??
    Apa berat penumpangnya jg berpengaruh ??
    Mohon jawabannya ,karna menyangkut skripsi saya ..
    Makasiiihh ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: