Uyah Krasak

Sapa sih yang gak tau “Uyah”, atau bahasa Jawanya garam? Semua juga tau kaleeee…garam merupakan salah satu komponen pokok dalam memasak, dan bahkan hidup akan terasa hambar jikalau garam tidak ada. Benda dengan senyawa kimia NaCl ini sudah sangat menjadi kebutuhan sehari-hari, plus ditambahkannya Iodium maka dapat mencegah penyakit gondok. Namun disini saya tidak akan terlalu jauh membahas garam dapur atau garam ber-Iodium, tapi uyah krasak (garam krosok). Garam ini merupakan garam murni tahap pertama yang proses pembuatannya dilakukan secara tradisional dan belum ditambahkan zat apapun, langsung dikeringkan di tambak melalui proses jemur matahari. Teksturnya lebih keras & kasar membuatnya kurang cocok untuk konsumsi sehari-hari, serta tidak adanya kandungan Iodium membuatnya kurang direkomendasikan (kecuali untuk pembuat telor asin😛 ), kondisinya berbeda dengan garam pabrikan yang jauh lebih lembut tapi lebih mahalan. Tentunya juga gak lepas dari alasan kesehatan karena pembuatannya diinjak-injak, yah…meski pake sepatu, dan juga kualitas air laut sekarang kaya apa kita semua juga tau wujud pencemarannya. Tapi selain manfaat konsumsi, ada manfaat lain juga (Indonesia geto looohh)…bagi saya uyah krasak bermanfaat untuk mencegah ular & pacet, (sebangsa lintah) yang akan masuk kedalam rumah. Biasanya sih saya taburkan didepan pintu. kalo pacet jelas nggak kuat. tapi kalo ular saya sendiri kurang tahu seberapa jauh efeknya. Itu juga sebatas orang2 kampung bilang karena kemarin ada ular mau masuk ke rumah. Takut coy…ada bayi gak bisa ngapa-ngapain, daripada gak nurut kata orang yg berpengalaman, mencoba apa salahnya? Sekian cerita singkat tak bermakna dari saya…cuma sedikit pelampiasan nulis. Salam Blogger Cinta Damai:mrgreen:

picture from indonetwork

    • Kalau ada yang butuh garam krasak hubungi saya di 08562671194
    • Juli 11th, 2015

    Saya siap kirim garam grosok dalm jumlah besar, invite pin 26D73E2C

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: